gentlemancode.id
Lima Cara Merencanakan Short Trip

LIMA CARA MERENCANAKAN SHORT TRIP

Published on Monday, 22 January 2018

Sesuai namanya, short trip berarti liburan yang pendek. Short trip bisa jadi pilihan bijak buat Lo yang lagi penat sama kerjaan tapi susah untuk ngajuin cuti, atau buat Lo yang masih sekolah dan belum punya tabungan cukup, bisa juga buat Lo yang susah banget untuk ketemu pasangan di kala hari kerja karena kesibukan masing-masing.

Selain nggak memerlukan waktu yang panjang, short trip sangat berguna untuk mengembalikan semangat, bro. Nah, dibutuhkan kecerdikan untuk mempergunakan waktu dalam membuat rencana short trip, karena Lo harus bisa menyelaraskan waktu yang pendek dan biaya yang dikeluarkan dengan efek yang bisa didapet setelah liburan tersebut.

Pokoknya, inti dari short trip adalah praktis.

Berikut ini adalah lima cara untuk merencanakan short trip versi gentlemancode:

1. Cari Tanggal Merah antara hari Jumat atau Senin

Tahun 2018 ini ngasih beberapa libur di hari Jumat, bro. Di antaranya Jumat 16 Februari (Tahun baru Imlek), Jumat 30 Maret (Wafat Isa Almasih), Jumat 1 Juni (Hari lahir Pancasila) dan Jumat 17 Agustus (Hari kemerdekaan Indonesia).

Memang nggak ada tanggal merah di hari Senin kecuali tahun baru 2018 kemarin bro, tapi siapa tau di tengah jalan nanti ada hari libur yang baru diumumkan dan bertepatan pada hari Senin.

Lebih lengkapnya Lo bisa cek di sini ya bro: Daftar hari libur dan cuti bersama 2018.

2. Cari Destinasi Paling Pas

Sebelum berlibur, Lo harus memilih tipe destinasinya dulu, mau pantai, gunung, air terjun, wisata alam, coffee hoping atau cuma city tour aja. Di antara pilihan-pilihan itu bakal mewakili mood yang pengen Lo dapetin, jadi jangan sampai salah ya!

Nah, setelah Lo memilih tipe destinasinya, Lo bisa mulai mencari daerah, kota atau negara mana yang bakal Lo kunjungi.

3. Nggak Harus Dekat, yang Penting Praktis!

Seperti yang sudah disampaikan di atas, short trip nggak berarti selalu lebih murah, bro. Kalo Lo lagi nggak punya budget lebih, Lo harus pilih destinasi yang cenderung dekat dan mudah untuk dijangkau. Terutama lewat jalur darat.

Sedangkan buat Lo yang punya budget lumayan longgar, pilih destinasi yang agak jauh tapi juga praktis untuk menuju ke sana, misalnya dengan menggunakan transportasi udara.

Buat Lo yang punya budget pas-pasan, cari tempat wisata di dekat kota Lo dulu. Cari tau gimana cara ke sana, lewat mana, apakah ada transportasi umum yang bisa lo pilih, dan lain sebagainya.

Buat Lo yang punya budget lebih longgar, pilih kota-kota yang sudah familiar atau punya destinasi wisata yang tidak terlalu banyak seperti Jogja, Kuta, Gili maupun Singapore. Fokuskan di dalam satu daerah saja, jangan terlalu banyak karena bisa menyita waktu dan tenaga Lo terlalu banyak.

4. Manfaatkan waktu ketika di tujuan

Time is Money.

Jangan sampai dengan waktu libur Lo yang sempit ini, Lo nggak memanfaatkan waktu dengan baik di sana. Jangan kebanyakan tidur dan stick dengan plan yang udah Lo buat. Jadi, Lo tetap punya banyak cerita walaupun waktu liburannya relatif singkat. Kecuali, tujuan Lo berlibur memang pingin santai dan tidur-tiduran aja ya. Hehe.

5. Tentukan Budget

Perhitungan budget atau kisaran pengeluaran sangat penting, bro. Tentukan berapa budget yang pengen Lo keluarkan untuk sebuah liburan, lalu tambahkan 20%-30% untuk biaya tidak terduga.

Siasati dengan beberapa cara seperti ini:

a. Pesan transportasi yang Lo gunakan sebelum berangkat, via online!
b. Pesan hotel tempat Lo menginap via online. Usahakan dekat dengan stasiun, terminal, bandara maupun tujuan destinasi Lo.
c. Kalau dua hal di atas sudah Lo siapkan, Lo tinggal memikirkan biaya makan dan akomodasi lain aja bro.

Nah itu dia lima tips untuk merencanakan short trip versi gentlemancode, selamat liburan!

Baca juga : Bagaimana caranya bisa liburan dengan budget minim

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini