gentlemancode.id
Mari Ingat Kembali Cara Mengenali Uang Palsu

MARI INGAT KEMBALI CARA MENGENALI UANG PALSU

Published on Friday, 10 June 2016

Baru-baru ini ramai diberitakan mengenai terbongkarnya kasus uang palsu yang melibatkan salah satu oknum anggota TNI. Kualitas uang palsu ini sendiri menurut Bank Indonesia mempunyai kualitas yang bagus karena memakai bahan-bahan yang berkualitas baik.

Kita sebagai masyarakat tentu khawatir dengan permasalahan ini,  mengingat kita jarang sekali melakukan pengecekan terhadap uang yang kita terima. Kita akan sangat dirugikan apabila kita menerima uang palsu tersebut tanpa sepengetahuan kita.

Kejahatan uang palsu merupakan kejahatan yang termasuk paling tua di dunia,  karena sejak zaman dahulu kasus ini sudah ada. Lantas bagaimana cara kita mengenali uang palsu agar kita tidak tertipu menerima uang tersebut?

Beberapa tahun sebelumnya di TV sangat gencar mensosialisasikan cara mengenali uang palsu, yaitu dengan singkatan 3D alias Dilihat, Diraba dan Diterawang. Meskipun akhir-akhir ini iklan layanan masyarakat itu sudah hampir jarang, namun cara 3D tersebut masih barlaku dan masih bisa diterapkan.

1. Dilihat

Kalau dilihat, uang yang asli memiliki warna yang cerah, tidak luntur, warna tidak patah-patah. Sedangkan uang yang palsu berwarna pucat dan seperti luntur. Selain itu uang yang asli mempunyai tanda air yang menggambarkan tokoh-tokoh pahlawan nasional, mempunyai benang tali pengaman yang berada di dalam uang kertas terlihat seperti dianyam.

Kemudian, untuk uang pecahan dengan nilai nominal besar biasanya mempunyai ciri-ciri keaslian tertentu. Misalnya, gambar yang lebih rumit sehingga menyulitkan penjahat untuk menirunya.

2. Diraba

Cara mendeteksi uang palsu yang kedua adalah diraba. Dari segi kertas sebagai bahan pembuatannya, antara uang asli dan palsu biasanya ada perbedaan. Uang yang palsu biasanya berbahan kertas yang tipis, dan mudah lecek. Kalau lecek permukaannya seperti koran. Sedangkan kalau uang yang asli berbahan kertas agak lebih tebal dan halus. Dan bila diusap-usap pada bagian angka akan terasa agak timbul/menonjol.

3. Diterawang

Setelah dilihat dan diraba kok masih meragukan, cobalah terawang uang tersebut ke sumber cahaya yang kuat seperti matahari dan lampu misalnya. Lihat pada bagian tanda air dan tali pengaman, apakah tercetak baik?

Semoga ini bisa mengingatkan kita kembali tentang bagaimana cara mengenali uang palsu, agar kita lebih waspada terhadap peredaran uang palsu ini. Stay alert gentleman.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini