gentlemancode.id
Masihkah Kita Memegang Teguh Tatakrama

MASIHKAH KITA MEMEGANG TEGUH TATAKRAMA

Published on Tuesday, 14 June 2016

Dikutip dari facebook fans page Mutiara Hidup, Tatakrama adalah adat, sopan santun atau tindakan = etiket/etika, yang telah menjadi tuntunan masyarakat dimanapun, kurun waktu kapanpun, terlepas setuju atau tidak.

Dari penjelasan diatas kita dapat memahami bahwa tatakrama adalah suatu aturan tak tertulis tentang bagaimana cara bersikap dan bertindak dalam hal pergaulan sehari-hari didalam kehidupan bermasyarakat.

Disaat kita anak-anak dulu, sering kita diajarkan mengenai tata cara bersikap seperti bagaimana berbicara kepada orang yang lebih tua, bagaimana cara makan yang benar, bagaimana menerima pemberian, dan lain-lain. Orang tua dan guru-guru kita mengajarkan ini dengan tujuan agar kita kelak mampu menjadi orang yang memiliki tatakrama yang baik, yang sesuai dengan etika, norma dan aturan masyarakat yang berlaku.

Menerapkan tatakrama dalam kehidupan sehari-hari sangatlah penting, karena dengan ini Anda bisa diterima dengan baik dilingkungan Anda, entah itu lingkungan tempat tinggal, lingkungan pekerjaan, lingkungan pendidikan dan lain-lain.

Di era modern seperti sekarang ini, banyak diantara kita yang sudah tidak memegang teguh tatakrama dalam kehidupannya. Padahal kebanyakan dari kita merupakan orang yang berpendidikan. Entah karena lupa, atau terlalu sibuk kadang kita melupakan tatakrama dalam kehidupan kita sehari-hari. Lantas apakah kita masih memegang teguh tatakrama yang diajarkan orang tua dan guru-guru kita dulu? hal-hal dibawah ini mungkin bisa membantu Anda untuk menjawabnya.

1. Mengucapkan terimakasih

Coba kita ingat-ingat lagi seberapa sering kita mengucapkan terimakasih? pernahkah kita mengucapkan terimakasih kepada ojek yang mengantarkan kita, orang yang menahankan pintu lift kantor, penjaga kantor, office boy? Apabila kita jarang mengucapkan terimakasih kepada mereka, mungkin secara perlahan kita akan mulai melupakan tatakrama.

2. Menutup mulut ketika bersin

Sudah seharusnya kita menutup mulut kita ketika bersin. Ini menunjukan bahwa kita menghargai dan peduli terhadap orang disekitar kita.

3. Membungkuk dan bilang permisi ketika melintas didepan orang tua

Membungkukan badan ketika melintas didepan orang yang lebih tua merupakan bentuk penghormatan yang bisa kita berikan kepada orang tersebut. Apabila Anda hanya melintas saja tanpa membungkuk atau mengatakan permisi maka Anda akan dicap sebagai orang yang tidak sopan dan tidak tahu etika.

4. Bicara dengan suara keras kepada orang tua

Dalam berbicara kita harus bisa menyesuaikan bagaimana nada dan suara yang kita gunakan kepada lawan bicara kita. Apabila kita berbicara dengan orang yang lebih tua sudah seharusnya kita memelankan suara dan nada bicara kita.

5. Memperhatikan lawan bicara

Apabila kita sedang berbicara dengan seseorang dan orang tersebut tidak memperhatikan kita sudah pasti kita tidak suka bukan? Orang akan merasa senang dan merasa dihargai apabila orang memperhatikan ketika dia sedang berbicara atau menjelaskan sesuatu.

6. Menerima pemberian dengan tangan kanan

Dari semenjak kita anak-anak kita sudah diajarkan apabila menerima pemberian harus menggunakan tangan kanan. Tangan kiri identik dengan pekerjaan yang bernuansa kotor, maka apabila Anda menerima pemberian dengan tangan kiri maka Anda akan dianggap tidak sopan kepada sang pemberi.

Beberapa hal yang disebutkan diatas merupakan sedikit contoh tatakrama yang umum dilakukan di negara kita. Sebagai orang yang berpendidikan sudah sepatutnya kita memegang teguh tatakrama agar pergaulan kita sebagai manusia bisa terjaga dengan baik.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini