gentlemancode.id
Membuat Bisnis Online Itu Jangan Ngasal, Ketahui 9 Hal Ini Terlebih Dahulu. Penting!

MEMBUAT BISNIS ONLINE ITU JANGAN NGASAL, KETAHUI 9 HAL INI TERLEBIH DAHULU. PENTING!

Published on Saturday, 23 July 2016

Genta ingat sekitar beberapa tahun yang lalu sebelum era internet booming di Indonesia, jika orang ingin berjualan maka minimal dia harus punya tempat untuk berjualan (lapak). Bisa itu dipasar, dipinggir jalan, menyewa toko, dan lain sebagainya. Keadaan ini membuat hanya sebagian orang saja khususnya yang mempunyai modal besar dan tempat yang bisa menjalankan bisnis di bidang perdagangan.

Keadaan ini tentu saja menyulitkan bagi orang yang tidak terlalu memiliki banyak modal dan tempat untuk berjualan, berdagang hanya menjadi angan-angan saja yang susah untuk dijalankan.

Lalu Internet pun datang menawarkan berbagai macam perubahan & kemudahan

Booming Internet di Indonesia membawa angin segar bagi mereka yang ingin berdagang. Munculnya berbagai macam market share online yang memberikan berbagai kemudahan dalam berjualan ini, membuat pintu peluang terbuka lebar untuk mereka yang ingin berjualan secara online.

Peluang dan kemudahan ini membuat banyak orang yang memulai untuk berbisnis secara online. Ada yang membuat ini sebagai pekerjaan utama mereka namun tidak sedikit juga yang membuat ini sebagai pekerjaan sampingan untuk tambahan penghasilan.

By the way, kita sangat beruntung nih Bro, Indonesia merupakan negara yang termasuk paling aktif di Internet. Hal ini merupakan peluang bagi kita yang ingin memulai bisnis secara online.

Nah, apabila Bro ingin memulai untuk berbisnis secara online. Bro harus tahu 9 hal ini terlebih dahulu, agar nanti ketika menjalankan usaha ini Bro bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Pengen tau? Scrool terus Bro.

1. Ketahui pasar yang akan dijadikan sasaran untuk menentukan strategi yang akan dijalankan

Sebelum Bro memulai bisnis online, tentukan dulu target atau pasar yang akan Bro jadikan sasaran. Misalkan Bro akan menyasar anak muda sebagai konsumen Bro. Maka Bro harus mulai menyiapkan strategi yang akan membuat anak muda tersebut tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang Bro tawarkan. Mulai dari cara berkomunikasi, Penyajian produk, dan memilih platform apa yang bagus untuk dijadikan toko online Bro harus dipikirkan secara matang.

2. Platform yang baik akan membantu kita mendapatkan peminat yang akan membeli atau menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan

Diluar sana sudah banyak sekali platform yang sangat bagus yang berupa market share seperti tokopedia, olx, bukalapak, dan kaskus. Platform-platform  ini sudah menawarkan banyak manfaat dan kemudahan yang akan membantu bisnis Bro berkembang.

Jika Bro ingin membuat platform sendiri maka banyak tools yang bisa Bro gunakan untuk membuat platform yang akan digunakan sebagai toko online atau website yang akan menawarkan barang atau jasa yang kita punya. Bro bisa googling untuk mencari tools-tools tersebut.

Saran Genta sih pilihlah platform yang menurut Bro paling mudah untuk digunakan dan memberikan banyak manfaat bagi bisnis yang Bro jalankan.

3. Kepercayaan pelanggan adalah hal yang harus kita jaga

Kepercayaan konsumen kepada kita akan membuat ikatan yang baik antara kita dengan konsumen tersebut. Kepercayaan terhadap kwalitas, dan integritas yang kita miliki akan membuat konsumen mau untuk kembali berbisnis atau berbelanja di tempat kita.

4. Kejujuran dalah kunci utama

Tidak akan pernah ada kerugian yang akan ditimbulkan oleh kejujuran. Semua orang menyukai orang yang jujur. Dalam berjualan pun seperti itu, konsumen akan lebih menghargai penjual yang jujur. Dengan begitu konsumen akan merasa nyaman apabila berbelanja di tempat kita tanpa merasa khawatir mereka akan dibohongi. Jalinlah komunikasi yang baik dengan konsumen dengan mengedepankan kejujuran.

5. Respon yang cepat menjadi nilai plus yang akan didapatkan penjual

Suatu hari Genta pernah berbelanja di salah satu seller yang merupakan member dari salah satu website market share ternama di Indonesia. Kemudian ada masalah dalam proses pengiriman. Karena setelah beberapa hari Genta tidak menerima barang yang Genta pesan. Kemudia Genta menghubungi seller tersebut beberapa kali. Namun tidak pernah dijawab. Shame.

Sejak saat itu Genta tidak pernah dan tidak akan lagi berbelanja kepada seller tersebut. Karena kecewa dengan pelayanan yang buruk yang dilakukan oleh seller tersebut.

Respon lah sebisa mungkin pertanyaan, komentar, komplain, dan permintaan bantuan yang dilakukan oleh konsumen sebisa mungkin yang kita bisa. Itu akan membuat konsumen merasa diperhatikan dan tidak diabaikan. Sehingga mereka tahu bahwa kita melakukan yang terbaik untuk melayani mereka.

6. Pemilihan agen ekspedisi yang baik akan membantu kita membangun reputasi yang baik

Pilihlah agen ekspedisi yang terpercaya yang akan kita pakai untuk mengirim barang dagangan kita. Dengan begitu kita bisa mempercayakan pengiriman barang yang akan kita kirim sampai tepat waktu dan aman. Jangan sampai kita memilih sembarangan agen ekspedisi, salah-salah kita akan ditinggal konsumen karena barang yang kita kirim kelamaan atau bahkan tidak sampai. Repot kan Bro.

7. Berikanlah saran kepada konsumen mengenai barang yang sedang mereka cari

Jangan ragu-ragu untuk memberikan saran kepada konsumen mengenai rekomendasi barang yang bagus untuk apa yang sedang mereka cari. Ini akan membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Mereka akan merasa nyaman bertransaksi dengan kita. Jika sudah nyaman, maka sangat mungkin mereka akan kembali berbelanja di tempat kita di masa yang akan datang.

8. Update mengenai progress pengiriman barang penting bagi konsumen

Jangan malas untuk memberikan informasi mengenai progress pengiriman barang. Karena konsumen selalu ingin tahu barang nya sudah sampai dimana. Dengan memberikan update, konsumen akan selalu mendapatkan informasi mengenai barang yang mereka pesan apakah ada masalah atau tidak. Jika ada masalah, segera selesaikan dengan meminta bantuan tim ekspedisi untuk melakukan tracking kepada paket kirimannya.

9. Ucapan terimakasih kepada konsumen sangat berarti

Mengucapkan terimakasih memang terlihat sepele, namun jangan sampai kita lupa mengucapkannya. Dengan mengucapkan terimakasih, itu artinya kita sangat menghargai dan menghormati konsumen kita. Siapa sih yang tidak suka dihargai dan dihormati?

Nah Bro, itu tadi 9 hal yang harus Bro ketahui ketika ingin memulai berbisnis online. 9 hal tadi ialah dari sisi Genta sebagai konsumen, bagaimana Genta ingin diperlakukan dan bagaimana pelayanan yang ingin didapatkan. Hal-hal simple tapi sangat berpengaruh dalam bisnis yang dijalankan secara online. Semoga bermanfaat Brothers. Jika ada saran lainnya, tulis di kolom komentar ya Bro. Terimakasih.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini