gentlemancode.id
Mod Bukan Sekedar Vespa, Bro!

MOD BUKAN SEKEDAR VESPA, BRO!

Published on Monday, 11 December 2017

Setelah beberapa waktu lalu gentlemancode datang ke acara Gonna Fix You Good, yaitu sebuah acara bertemakan subkultur mod yang terdiri dari serangkaian acara seperti scooter riding, brand local bazaar, soul music DJ performance, dll.

Dari situ, gentlemancode ingin lebih mengenalkan subkultur mod ke Lo nih, Bro. Dan untuk itu juga sudah ada Eko dari Sweet Motion yang akan coba bantu untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang seperti apa itu subkultur mod.

Baca di sini percakapan singkat kami Bro!

1. Halo, boleh kenalkan diri dulu?

"Halo, nama Gw Eko."

2. Gw denger Lo suka sama subkultur mod, menurut Lo mod itu apa sih Bro?

"Kalo dari apa yang selama ini Gw baca ada banyak banget sih pendapat orang tentang apa itu mod, jawaban dari pertanyaan kayak gini kadang suka beda-beda, mungkin tergantung sama gimana sudut pandang dan experience seseorang saat ngejalanin subkultur mod itu sendiri ya."

"Tapi kalo menurut Gw pribadi, Gw setuju kalo dibilang mod itu kayak semacam frame of mind, dimana seorang mod, selalu punya standar yang cenderung "special" dan beda dibandingkan orang lain yang bukan mod terutama dalam 3 hal: music, fashion dan scooter."

3. Jadi mod itu bukan cuma soal scooter? Karena teman-teman di luar sana masih banyak yang menganggap istilah mod hanya sekedar scooter saja

"Enggak, Gw nggak setuju sih kalo dibilang mod itu cuma soal scooter aja, meskipun Gw sendiri juga suka scooter dan sampe sekarang Gw masih punya scooter."

"Secara historis scooter emang cukup identik sama subkultur mod, tapi bukan berarti cuma dengan beli scooter terus seseorang langsung instan dan sah buat dibilang mod, enggak sih. Nggak punya scooter pun seseorang masih sah-sah aja kok nyebut dirinya mod selama dia into mod music dan mod fashion."

"Sebaliknya, seseorang yang into scooter banget tapi nggak into mod music dan mod fashion sama sekali, menurut Gw mungkin lebih pas disebut scooter boy dibanding mod."

 

4. Jadi mods terdiri dari 3 elemen utama, yaitu music, fashion dan juga scooter itu sendiri. Boleh dijelasin sedikit tentang bagaimana sih musiknya?

"Historically, mod itu diambil dari kata modernist yang refer to orang-orang yang suka dengerin music Modern Jazz, dulu di tahun 50 an akhir di Soho, Inggris."

"Tapi meskipun penamaannya begitu, mod nggak cuma into Modern Jazz aja sih, ada juga genre-genre music lain yang biasa didengerin oleh mod kayak misalnya 60s RnB dan Soul."

5. Kalau Fashionnya?

"Karakter mod fashion itu cenderung mengincar ke arah sharp look dan lebih memperhatikan detail-detail di tiap bagiannya, mungkin contoh yang lebih enak dibahas itu suit, kalau di-compare sama suit lain, mod suit ini punya kesan lebih sharp dan beda di detail nya, umumnya mod suit itu three or four buttons buat yang single breasted, which makes you look sharper compared to the two buttons yang lebih umum dipake orang."

"Panjang jaket mod suit cenderung lebih pendek dari suit jacket pada umumnya, dan fit dari mod suit ini lebih fit dan menghindari kesan oversized."

"Detailnya banyak banget sih, hampir di setiap bagian dari mod suit ada detail yang perlu diperhatiin, makanya biasanya orang yang kepengen punya mod suit yang oke dan detail lebih cenderung pergi ke tailor daripada beli suit yang udah jadi."

6. Kalau Scooternya Bro?

"Kalo scooter yang identik sama mod itu Italian scooter kayak vespa dan lambretta. Scooter ini banyak dijadiin pilihan kendaraan oleh mod-mod pada masa itu sampe sekarang, soalnya desainnya emang timeless dan unik."

"Point pentingnya scooter lebih ngelindungin sepatu dan celana dari cipratan air saat dikendarai dibandingin dengan motobike yang nggak ada floor board nya, dan hal ini penting banget sih buat mod yang semuanya adalah fashion enthusiast. Pasti nggak ada dong seorang fashion enthusiast yang rela sepatu sama celananya kotor kena cipratan air."

7. Buat teman-teman di luar sana yang pingin lebih tau tentang apa itu mod, ada referensi buku, musik, atau tempat gitu ga sih Bro?

"Buku yang ngebahas tentang mod itu banyak, mungkin emang harus agak sabar karena di Jakarta agak sulit didapat jadi harus import."

"Buku-buku kayak "Mod : a Very British Style karanganya Richard Weight" dan "Mods : The New Religion karangan Paul Anderson" itu recomended sih.

"Kalau buat yang tertarik buat dengerin mod music secara langsung atau penasaran pengen ngerasain gimana sih rasanya dateng ke mod party dan pengen tau musik yang diputer itu kayak apa, mungkin yang domisilinya ada di sekitar Jakarta bisa coba dateng ke party-party nya Jakarta Soul." (red: langsung follow Instagramnya ya Bro @jakartasoul)

8. Terakhir, Gw denger mas Eko punya clothing brand? Boleh dishare ga Instagramnya apa? Dan jual apa aja sih?

"Iya ada, Gw lagi running fashion business baru start sekitar satu setengah tahun yang lalu, nama brand nya Sweet Motion, instagramnya @sweetmotion_."

"Kita jual beberapa barang fashion yang ter-influenced dari mod fashion, sampai saat ini sih produk yang kita jual ada topi, sepatu, scarf dll."

Gimana Bro? Mudah-mudahan Obrolan singkat di atas bisa lebih membuka mata Lo kalau subkultur mod gak sesempit yang Lo kira. Banyak hal yang harus dipelajari benar tentang subkultur mod.
 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini