gentlemancode.id
Nggak mau kena Jet Lag saat traveling? Ini cara menghindarinya!

NGGAK MAU KENA JET LAG SAAT TRAVELING? INI CARA MENGHINDARINYA!

Published on Thursday, 25 January 2018

Buat Lo yang sering jalan-jalan ke luar negri, pasti Lo pernah ngalamin yang namanya jet lag. Jet lag adalah kondisi dimana Lo merasa lelah dan bingung akibat perubahan waktu tidur setelah melakukan perjalanan panjang dengan melintasi zona waktu yang berbeda ketika menggunakan pesawat terbang.

Gejala-gejala jet lag diantaranya adalah:

- Gangguan tidur, seperti insomnia, tidur berlebihan, atau bangun terlalu cepat.
- Gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau diare.
- Merasa kelelahan dan kehabisan energi.
- Merasa tidak enak badan.
- Kebingungan, sulit untuk konsentrasi
- Kehilangan selera makan.
- Mual dan muntah.
- Gangguan ingatan.
- Cemas dan mudah marah.
- Pusing dan sakit kepala.
- Nyeri otot.

Buat Lo yang memang sering bepergian melintasi benua, jangan bingung bro. Gentlemancode sudah merangkum beberapa tips buat Lo supaya Lo terhindar dari jet lag. 

1. Ikuti matahari

Hal utama yang terganggu ketika Lo mengalami jet lag adalah jam tubuh bro, khususnya dalam hal tidur. Ternyata, tubuh memiliki cara sendiri untuk menyesuaikan diri yaitu tergantung ke arah mana Lo akan terbang, timur atau barat?

Jadi gini, penerbangan ke arah timur akan memperpendek hari, sedangkan penerbangan ke barat akan memperpanjang hari. Kalo Lo terbang ke arah timur, usahakan Lo tidur lebih awal sejak beberapa hari sebelum Lo berangkat. Kalo Lo terbang ke arah barat, usahakan untuk tidur lebih larut dari biasanya.

Selain itu Lo bisa menyesuaikan jadwal penerbangan Lo dengan mengikuti arah matahari. Jadi, kalo misalnya Lo akan pergi ke arah timur, pilihlah penerbangan pada pagi hari. Sebaliknya, kalo Lo terbang ke arah barat, pilihlah penerbangan di malam hari.

2. Hindari kafein

Kopi memang terasa sangat menggiurkan untuk diminum selama penerbangan yang memakan waktu yang panjang. Tapi bro, Lo perlu tau kalo minuman yang mengandung kafein hanya akan memperparah jam tidur Lo. Lo akan kesulitan untuk tidur ketika Lo pengen dan Lo harus tidur. Sebaiknya Lo tau bro kapan waktu yang tepat untuk minum kopi.

3. Akali waktu untuk tidur

Pastikan Lo tidur cukup semalam sebelum Lo berangkat. Jet lag akan terasa semakin parah kalo Lo kurang tidur.

Tidurlah beberapa saat selama penerbangan, jangan pakasakan diri untuk bangun karena Lo ngerasa ada fasilitas hiburan di dalam pesawat. Nah, begitu mendarat, hitung kapan biasanya Lo tidur, setelah itu jadwalkan untuk tidur selama 30-45 menit pada waktu tersebut.

Cara ini lebih baik dibandingkan memaksakan diri untuk tetap bangun di saat biasanya Lo tidur. Tidur yang cukup pada waktu yang tepat akan menghindarkan Lo dari jet lag.

4. Olahraga

Ada cara lain yang bisa Lo lakukan untuk mengubah jam tubuh Lo bro yaitu olahraga. Lakukan olahraga di waktu pagi pada waktu setempat. Hal ini mampu merevitalisasi kondisi tubuh Lo setelah penerbangan panjang yang melelahkan. 

5. Jaga asupan cairan

Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi banyak air putih ketika Lo melakukan penerbangan dan setelah sampai di tujuan. Hal ini berfungsi untuk melawan efek dari udara kering di dalam pesawat selama penerbangan.

Jet lag akan sangat mudah terjadi kepada orang yang terlampau lelah atau sakit. Jadi, pastikan Lo dalam kodisi yang baik dan sudah tidur cukup sebelum melakukan penerbangan.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini