gentlemancode.id
Panduan Untuk Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

PANDUAN UNTUK MEMBELI KAMERA DSLR UNTUK PEMULA

Published on Wednesday, 25 April 2018

Semakin kesini, perkembangan kamera udah semakin canggih, bro. Seiring dengan meningkatnya minat orang-orang pada dunia pembuatan video dan fotografi, maka semakin banyak juga pilihan kamera yang akan membuat semakin bingung para pemula yang baru ingin memulai hobi di bidang ini. 

Kalo Lo ingin mendapatkan hasil gambar yang maksimal, jenis kamera DSLR sangat cocok untuk Lo gunakan. Buat Lo yang baru di dalam dunia perkameraan, Lo harus jeli bro dalam memilih kamera yang akan Lo beli, khususnya buat Lo yang punya budget pas-pasan.

Dibawah ini adalah beberapa panduan dalam memilih kamera DSLR buat Lo yang masih pemula, diantaranya adalah:

1. Tentukan Kebutuhan Lo apa dan Lo punya budget berapa

Tentukan kebutuhan Lo apa sebelum Lo memutuskan untuk membeli kamera. Kamera dengan fitur yang lengkap atau model terbaru memang bagus, tapi jangan sampe Lo maksain untuk membeli kamera tersebut. Kalo budget Lo pas-pasan, maka Lo harus menyesuaikan kamera yang akan Lo beli dengan kebutuhan Lo. Toh Lo juga kan masih pemula, jadi Lo nggak akan terlalu jago juga menggunakannya. 

2. Sensor

Ketika Lo akan membeli kamera, Lo harus memperhatikan sensor yang digunakan untuk mendapatkan gambar pada kamera tersebut. Sensor kamera umumnya terbagi kedalam 3 kategori, yaitu: 

Full-Frame

Kamera dengan sensor Full-Frame adalah jenis kamera DSLR yang memiliki sensor dengan ukuran 35 mm(36 mm X 24 mm).  Istilah Full-Frame mengacu pada ukuran film yang digunakan pada kamera analog sebelum kamera digital dilahirkan. 

APS-C 

Kamera dengan sensor APS-C merupakan kamera dengan sensor yang lebih kecil dibandingkan dengan kamera yang menggunakan sensor Full-Frame sehingga foto yang Lo ambil akan sedikit ke crop, bro. Tapi, keuntungannya adalah Lo akan mendapatkan harga yang lebih murah dan bobot kamera yang lebih ringan.

Four-Thirds

Kamera dengan sensor Four-Thirds merupakan kamera yang paling disukai diantara 2 kamera sebelumnya. Kamera dengan sensor Four-Thirds memiliki ukuran sensor yang lebih kecil sehingga bodinya juga lebih kecil dan ringan sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa banyak mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan.

3. Perhatikan Resolusi Kamera

Kalo Lo ingin mendapatkan ukuran foto yang besar, maka sebaiknya Lo membeli kamera dengan resolusi yang besar bro sehingga gambar yang dihasilkan juga akan maksimal.

4. ISO

ISO adalah kemampuan atau tingkat sensitifitas sensor pada kamera terhadap cahaya. Semakin besar nilai ISO pada suatu kamera maka akan semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan dalam mengambil gambar.

5. Shutter Speed

Secara sederhana, shutter speed  adalah waktu antara Lo menekan tombol shutter sampai tombol ini kembali ke posisi awal. Shutter speed akan sangat berguna ketika Lo ingin mendapatkan objek yang sedang bergerak. Semakin tinggi speed yang dimiliki oleh suatu kamera, maka Lo nggak akan kesulitan ketika ingin mengambil objek yang sedang bergerak seperti mobil atau binatang yang sedang terbang atau berlari.

6. Image Stabilization

Image stabilization dibuat untuk menghindari gambar yang buram yang diakibatkan oleh gerakan tangan yang diakibatkan oleh getaran (gemetar).  

7. Ukuran dan model

Ukuran kamera DSLR memang cenderung besar, bro. Namun, kalo Lo jeli dalam memilih, Lo akan menemukan beberapa kamera DSLR yang ringan dan nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Itu dia bro, panduan dalam memilih kamera DSLR untuk pemula. Buat Lo yang baru mau menekuni hobi ini, Lo bisa ikuti panduan ini ketika Lo akan membeli kamera.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini