gentlemancode.id
Pentingnya sebuah komitmen ketika ingin memulai sebuah usaha atau bisnis

PENTINGNYA SEBUAH KOMITMEN KETIKA INGIN MEMULAI SEBUAH USAHA ATAU BISNIS

Published on Thursday, 09 March 2017

Mampu merealisasikan ide untuk memulai sebuah usaha, bisnis, atau menciptakan suatu produk, atau bahkan mendirikan start-up, adalah hal yang sangat luar biasa. Keren Bro, beneran deh Gw gak bohong, karena gak semua orang bisa melakukan hal itu. Perlu keberanian dan kesungguhan untuk mewujudkan ide Lo itu, dan itu semua gak akan terwujud tanpa kesungguhan dari Lo yang mencetuskan ide tersebut. Pada dasarnya, semua orang pasti memiliki ide-ide kreatif masing-masing tentang suatu hal, khususnya soal ide menciptakan suatu bisnis, usaha, atau produk baru dan mungkin sebuah inovasi baru. Namun, gak semua orang bisa mewujudkan ide mereka tersebut karena gak semua orang berani untuk melakukannya.

Setelah ide terealisasi dan bisnis Lo udah mulai berjalan, ada hal lain yang lebih berat yang harus Lo jaga agar bisnis Lo itu gak berhenti begitu saja. Komitmen! Yes Bro, komitmen adalah hal yang harus benar-benar Lo pegang dengan kuat untuk menjalankan semua rencana yang udah Lo buat untuk bisnis atau usaha Lo itu, karena tanpa komitmen, usaha Lo selama ini bisa sia-sia. Rencana Lo yang udah Lo buat akan berantakan, dan akhirnya bisnis Lo berhenti ditengah jalan. Waktu dan tenaga pun akhirnya terbuang percuma karena Lo gak bisa memegang sebuah komitmen.

Memegang dan menjalankan sebuah komitmen itu gak gampang, perlu kesabaran dan kerja keras disitu. Kalo Lo belum siap untuk memegang komitmen dalam menjalankan bisnis Lo, maka jangan harap Lo bisa jalanin bisnis Lo dengan baik, kenapa:

1. Hanya orang yang mampu memegang dan menjalankan Komitmen lah yang bisa memastikan bisnis itu akan berjalan atau tidak

Orang yang memegang teguh komitmen dengan baik akan mampu menjalankan semua rencana yang sudah dibuat dengan baik dan penuh tanggung jawab. Ketika orang ini menjalankan suatu bisnis, maka dia akan berkomitmen penuh untuk memfokuskan tenaga, fikiran, dan waktunya untuk menjalankan bisnis tersebut. Mereka gak akan banyak alasan untuk tidak melakukan apa yang seharusnya mereka kerjakan, karena itu sudah menjadi tanggung jawab mereka. Mereka sudah berjanji kepada diri mereka sendiri bahwa dia akan memastikan semua rencana dikerjakan dengan baik. Mereka gak akan berhenti ketika gagal atau mungkin lelah ketika menjalankannya, dan itu semua hanya bisa dilakukan apabila orang tersebut memegang komitmen mereka dengan baik.

2. Komitmen akan membuat Lo tetap keep on track

Dalam prakteknya, menjalankan suatu bisnis itu gak gampang. Perasaan ingin berhenti dan menyerah adalah hal yang akan sering Lo temui dalam perjalanan Lo. Tapi, itu semua gak akan bisa menghentikan orang yang mempunyai komitmen yang tinggi. Ketika perasaan lelah, atau bahkan patah semangat, mereka akan segera membuang pikiran tersebut jauh-jauh dari kepala mereka, karena mereka yakin terhadap apa yang mereka kerjakan dan mereka memiliki tanggung jawab terhadap komitmen yang sudah mereka buat.

Komitmen akan membuat kita tetap berada di jalur yang sudah kita pilih, dan fokus kita tidak akan teralihkan untuk berpindah ke jalur yang lain.

3. Komitmen akan menjaga semangat Lo ketika Lo males

Semangat seseorang itu pasti ada naik turunnya, kadang bisa semangat banget, kadang malah males banget. Ini normal, wajar Bro. Semua orang pasti pernah ngalamin keadaan ini. Maka, komitmen memiliki peranan penting disini. Ketika Lo males, Lo harus buru-buru inget sama komitmen Lo diawal ketika Lo memulai bisnis Lo. Komitmen yang udah Lo pegang selama ini akan membantu Lo mengembalikan semangat Lo, dan itu akan kembali menggerakan Lo untuk mengerjakan semua rencana-rencana yang udah Lo buat sebelumnya.

4. Sebagus apapun sebuah ide, gak ada gunanya tanpa adanya sebuah komitmen

Sekeren apapun ide Lo, gak akan berguna apabila Lo gak merealisasikannya. Sebagus apapun ide, gak akan pernah terwujud tanpa dibarengi sebuah komitmen. Jadi, sebuah ide itu sama sekali gak akan pernah berguna jika kita tidak merealisasikan dan mengerjakan semua itu dengan komitmen, karena dengan komitmen lah suatu usaha bisa berhasil, dengan komitmen lah tercipta produk yang berkualitas, dan dengan sebuah komitmen lah suatu perusahaan bisa berdiri langgeng. Jadi, tanpa sebuah komitmen, apapun yang kita kerjakan tidak akan pernah berjalan dengan lancar karena kita tidak sungguh-sungguh dalam mengerjakannya.

4 hal yang disebutkan diatas tadi membuktikan bahwa komitmen memiliki peranan yang sangat penting dalam menjalani pekerjaan atau usaha yang kita jalani. Tanpa komitmen, mustahil kita dapat mendapatkan apa yang kita inginkan :)

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa di share! Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini