gentlemancode.id
Peran Hashtag dalam Media Sosial

PERAN HASHTAG DALAM MEDIA SOSIAL

Published on Monday, 26 February 2018

Hashtag adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari budaya sosial media. Tahu atau sering menggunakan hashtag dalam mem-posting belum tentu paham bagaimana cara yang tepat dalam menggunakan hashtag, bro!

Hashtag adalah salah satu cara paling populer sebagai pengkategorian konten pada media sosial. Kegunaan hashtag adalah membuat konten yang Lo posting di media sosial jadi bisa terlihat oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Hashtag juga bisa berguna untuk menghubungkan sesama pengguna media sosial berdasarkan kesamaan tema atau interest.

Salah satu hal penting dan perlu diketahui oleh seorang ahli media sosial adalah cara menggunakan hashtag yang baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa tips dalam penggunaan hashtag, diantaranya:

Hashtag Harus Spesifik!

Semakin spesifik hashtag yang Lo gunakan, maka semakin besar kemungkinan konten Lo dilihat oleh audience yang sesuai dengan target. Konten yang dibaca oleh audience yang tepat umumnya akan menghasilkan interaksi yang baik. Seorang pebisnis online disarankan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan jasa atau produk yang ia tawarkan dengan tujuan memperbesar peluang terjadinya transaksi.

Contoh, hashtag #newmom akan lebih baik cocok dipakai oleh seorang pebisnis online yang menjual perlengkapan bayi dibandingkan hashtag #parents. Karena definisi #parents = orang tua yang memiliki seorang anak dan #newmom = seorang perempuan yang baru menjadi seorang ibu karena memiliki anak.

Relevansi adalah kunci bro!

Beda Media Sosial, Beda Hashtag

Walaupun hashtag memiliki fungsi dasar yang kurang lebih sama di semua media sosial, kegunaan hashtag bisa jadi berbeda.

Umumnya hashtag digunakan sebagai deskripsi atau penjelasan tentang konten oleh para pengguna platform media sosial berbasis foto dan video. Berbeda dengan Twitter, hashtag cenderung dipakai untuk meng-highlight topik percakapan. 

Sebelum menggunakan hashtag, ada baiknya Lo melakukan sedikit riset terkait trend yang ada di platform media sosial tersebut. Semisal Lo mau cari hashtag yang tepat untuk konten Lo di IG, maka coba search beberapa hashtag yang mungkin akan Lo pakai dan perhatikan karakter posting-an yang muncul itu seperti apa, sejalan apa engga dengan apa yang Lo mau post

Cari tau apa aja hashtag yang populer dan relevan untuk topik tertentu di setiap platform media sosial. Dengan begitu, diharapkan pilihan hashtag Lo tepat sehingga posting-an Lo bisa menghasilkan interaksi yang baik dengan audience yang diinginkan.

Jangan Pakai Nama Sebuah Brand 

Dianjurkan untuk tidak memasukan nama brand dalam sebuah Hashtag, pilihlah hashtag yang mencerminkan nilai kegunaan dari sebuah brand. Selain itu, hashtag juga terkadang dipakai untuk menunjukan keikutsertaan seseorang dalam suatu campaign atau kuis.

Hindari Hashtag yang Rumit

Kebanyakan hashtag yang umum dipakai hanya mengandung satu sampai tiga kata yang mudah dimengerti (tidak rumit). Semakin rumit hashtag Lo, semakin kecil kemungkinannya konten Lo ditemukan oleh audience yang Lo inginkan karena pada umumnya mereka melakukan pencarian hashtag yang singkat, relevan dan simple

Contoh, ada lebih banyak jumlah postingan dengan hashtag #pomadeoilbased dibanding postingan dengan hashtag #pomadeoilbasedcustom pada hasil search di IG.

Maksimal 5 Hashtag Dalam Satu Post

Kalau kita perhatikan, penggunaan hashtag dalam jumlah banyak dalam satu posting-an biasanya terjadi karena orang yang mem-posting itu ingin menyampaikan sindiran atau lelucon. Di kasus lain ada juga pengguna IG yang sengaja menggunakan hashtag dalam jumlah banyak dalam satu post demi mendapatkan jumlah like yang banyak atau menambah followers dari audience yang random. Contoh hashtag #like4like atau #follow4follow adalah hashtag yang berpotensi mengundang spammer datang ke halaman postingan Lo atau bahkan halaman profil Lo.

Nggak Semua Posting-an Perlu Dikasih Hashtag

Seperti yang sudah disebutkan di atas, fungsi hashtag pada dasarnya adalah membantu distribusi konten berdasarkan relevansi. Namun kenyataannya nggak semua posting-an perlu  Lo kasih hashtag. Kenapa? Karena jelas nggak semua konten yang Lo buat itu relevan atau menarik bagi pengguna media sosial lainnya. Ketika sebuah konten dengan relevansi rendah di-posting menggunakan hashtag yang populer maka bisa jadi posting-an tersebut terkesan "nyampah" ketika dilihat oleh pengguna lainnya.

Terlepas dari itu semua, Lo juga harus rajin mengamati perkembangan dunia teknologi, bro! Terutama hal-hal yang terkait dengan sebuah media sosial tertentu, karena seiring berjalannya waktu tentu ada perubahan-perubahan yang dilakukan oleh mereka dalam rangka memajukan media sosial itu sendiri.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini