gentlemancode.id
Punya Ide Bisnis? Lakukan Cara Ini Untuk Merealisasikannya!

PUNYA IDE BISNIS? LAKUKAN CARA INI UNTUK MEREALISASIKANNYA!

Published on Thursday, 29 March 2018

Memiliki bisnis sendiri adalah impian sebagian banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang berani mewujudkan mimpi tersebut. Beberapa diantaranya takut untuk mengambil risiko dan sebagian lainnya ragu-ragu dalam merealisasikan ide-ide cemerlang yang mereka miliki. Kalo Lo sudah memiliki ide-ide bisnis yang bagus, lakukan cara berikut agar ide bisnis Lo segera terwujud.

1. Definisikan Ide

Swara Tunaiku telah merangkum beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan ide bisnis Lo. Hal yang pertama untuk dilakukan ketika telah menemukan ide bisnis adalah mendefiniskan ide tersebut. Buatlah konsep yang lebih spesifik dari ide bisnis yang sudah Lo pikirkan. Pertimbangkan segala hal termasuk target pasar, nilai pembeda, hingga peluang dan kompetitor yang ada.

2. Praktikan Ide Bisnis

Untuk mengetahui seberapa besar demand dari produk ide bisnis Lo, maka Lo perlu untuk melakukan uji coba pasar. Cobalah untuk menawarkan produk yang sedang Lo gagas kepada saudara, teman atau kolega. Kemudian Lo bisa meminta mereka untuk memberikan feedback berupa komentar, kritik dan saran terkait produk uji coba Lo.

3. Identifikasi Kebutuhan Resource Produk Bisnis

Setelah Lo memiliki data demand dari produk Lo, langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi segala resource yang akan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Pastikan Lo sudah mengumpulkan segala hal yang mendukung gagasan ide Lo seperti pengetahuan bisnis, biaya produksi, pemasaran, waktu, dan lain sebagainya.

4. Mengamankan Modal

Setelah mengatahui kebutuhan resource bisnis Lo, maka Lo akan mendapatkan estimasi biaya modal yang harus dimiliki. Lo perlu memikirkan dari mana bisa mendapatkan biaya sebesar estimasi harga dari kebutuhan tersebut. Lo bisa menggunakan tabungan, pinjaman bank, atau mencari pekerjaan sampingan untuk mengumpulkan modal awal.

5. Membuat Catatan to do list

Setelah yakin dengan empat langkah di atas, maka Lo bisa mulai untuk mencatat pekerjaan-pekerjaan yang bisa Lo lakukan. Buatlah catatan to do list untuk mempermudah Lo dalam melakukan langkah-langkah peluncuran produk. Catatlah dengan detail langkah apa yang harus Lo ambil dan juga segala kebutuhan dan risiko yang dihasilkan.

6. Tetapkan Deadline

Memiliki tenggat waktu atau deadline berguna untuk mendisiplinkan segala rencana kerja yang sudah Lo buat. Dengan deadline tersebut Lo bisa menentukan pencapaian apa yang akan diraih di waktu-waktu yang telah ditentukan. Lo bisa membuat deadline dan tempo waktu dari awal perencanaan pembuatan produk hingga pasca peluncuran produk.

7. Evaluasi

Setelah melakukan peluncuran produk bisnis, Lo perlu untuk melalukan evaluasi pada produk bisnis Lo. Dengan melakukan evaluasi ini, Lo bisa mengetahui kekurangan dari produk tersebut dan bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Meski terdengar sederhana dan mudah, merealisasikan ide bisnis merupakan proses yang cukup panjang. Proses ini akan cukup sulit sehingga Lo harus gigih dan tekun dalam menjalankan segalanya. 

Nah bro, satu hal yang perlu Lo ingat adalah ide bisnis hanya akan menjadi sebatas ide kalau Lo tidak memulai langkah kecil untuk mewujudkannya. Kalau dirasa ide bisnis Lo cukup hebat, maka mewujudkan hal tersebut akan menjadi jauh lebih hebat.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini