gentlemancode.id
Sering Grogi? Coba 7 cara ini untuk menghilangkannya!

SERING GROGI? COBA 7 CARA INI UNTUK MENGHILANGKANNYA!

Published on Friday, 22 December 2017

Kepercayaan diri, adalah salah satu modal yang sangat kita perlukan dalam banyak hal. Punya mimpi tapi nggak percaya sama diri sendiri percuma, punya ide keren tapi nggak percaya diri juga sia-sia. Apalagi kalo pas deketin gebetan, kalo Lo nggak percaya diri maka Lo nggak akan bisa buat deketin dia. 

Memang, nggak semua orang punya rasa percaya diri yang tinggi, terutama ketika berhadapan dengan orang lain, Bro. Nggak semua orang bisa nyaman ketika berhadapan dengan orang lain. Keadaan seperti ini biasa disebut grogi, yaitu keadaan dimana Lo bingung mau ngomong apa atau mau ngapain ketika berhadapan sama orang lain dikarenakan Lo nggak percaya diri.

Orang yang gampang grogi bahkan bisa sampe stres Bro ketika berhadapan dengan orang lain. Nah, yang paling ganggu dari keadaan ini adalah bahwa keadaan ini bisa menghancurkan semua hal yang udah Lo rencanakan dengan matang.

Untuk itu Bro, sangat penting untuk kita mengetahui gimana sih caranya menghilangkan grogi ketika akan melakukan sesuatu, entah itu presentasi, ketemu gebetan, atau ketemu calon mertua. Hehe.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi dan menghilangkan perasaan grogi. Apa aja? Simak penjelasan Gw dibawah ini ya, Bro!

1. Latih mental untuk terbiasa dengan hal-hal yang membuat Lo nggak nyaman

Hal pertama yang harus Lo lakukan adalah Lo harus melatih mental Lo untuk terbiasa dengan keadaan yang bikin Lo nggak nyaman. Misal Lo nggak biasa berbicara di depan banyak orang, maka Lo harus latihan untuk membiasakan untuk berbicara di depan banyak orang. Atau misal Lo suka nggak percaya diri kalo harus ngobrol sama orang baru, maka Lo harus mulai membiasakan diri untuk berbicara dengan orang-orang baru. Hal ini nantinya akan membantu Lo melawan rasa grogi yang Lo alami. Latihan akan membuat Lo menjadi terbiasa dengan keadaan-keadaan tersebut sehingga Lo bisa mengatasinya, Bro.

2. Lakukan persiapan dengan matang

Ketika Lo akan melakukan sesuatu, apapun itu, ingat lah untuk selalu melakukan persiapan sebelumnya. Grogi bisa muncul ketika Lo tidak menyiapkan segala sesuatunya dengan matang. Untuk itu, lakukan lah persiapan dengan baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Selalu berfikir positif

Banyak orang yang menjadi grogi akibat ketakutan mereka yang terlalu berlebihan. Coba deh Lo rubah persepsi Lo. Hilangkan ketakutan yang ada dalam pikiran Lo dan yakin kan diri Lo bahwa semua akan baik-baik saja, Bro. 

Mencemaskan hal-hal yang belum tentu terjadi hanya akan memperburuk suasana karena pikiran negatif tidak akan memberikan manfaat yang baik buat hidup Lo. So, always think positive, Bro!

4. Perhatikan bahasa tubuh

Ketika Lo sedang grogi, jaga tubuh agar tetap tegap dan tidak loyo. Perasaan tidak bersemangat itu hanya akan menambah rasa grogi Lo. Beberapa peneliti mengatakan bahwa sikap tubuh yang baik akan menurunkan rasa grogi yang kita alami. 

5. Tetap tenang

Biasanya, detak jantung orang yang sedang grogi akan berdetak lebih cepat dari biasanya. Disini Lo cuma perlu tenang, Bro. Emang sih pada awalnya mungkin Lo akan susah melakukannya, tapi ketika Lo mampu melakukannya maka sikap ini akan membuat Lo lebih nyaman. Trust me!

6. Stay focus

Fikiran yang tidak fokus akan membuat perasaan grogi Lo makin menjadi. Ketika Lo nggak fokus maka perasaan grogi itu pasti akan Lo alami. Memperhatikan hal-hal yang tidak penting malah akan membuat perasaan grogi Lo makin meningkat, Bro. So, stay focus!

7. Bergerak

Ketika Lo mengalami perasaan grogi, maka Gw sarankan Lo untuk menggerakan anggota badan Lo entah itu gerakan tangan atau melangkahkan kaki. Menyalurkan grogi kepada sebuah gerakan akan membantu Lo dalam menghilangkan perasaan tersebut. 

Kesimpulan

Perasaan grogi adalah hal yang wajar Bro dan semua orang Gw rasa pasti pernah megalaminya. Tapi, bukan berarti hal tersebut harus kita biarkan begitu saja karena kalo Lo biarkan maka Lo akan seperti itu terus selamanya. Untuk mengatasi hal tersebut, Lo bisa coba tips yang Gw jelaskan tadi, Bro. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini