gentlemancode.id
Suka Duka Membangun Startup

SUKA DUKA MEMBANGUN STARTUP

Published on Thursday, 05 April 2018

Geliat startup di Indonesia nggak bisa dipandang sebelah mata, bro. Banyak startup bermunculan dan banyak diantaranya yang sukses dan akhirnya menjadi perusahaan yang besar. Sebut saja Gojek, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak yang memiliki predikat startup unicorn di Indonesia. Istilah unicorn sendiri diberikan kepada startup yang memiliki valuasi lebih dari $1 miliar yang mana keempat startup tadi sudah mencapai nilai valuasi lebih dari $1 miliar dolar. Kesuksesan yang didapat oleh startup-startup tersebut secara tidak langsung memacu banyak anak muda untuk memulai startup mereka sendiri yang mana ini merupakan trend positif yang bisa memajukan dan menggerakan roda ekonomi di negara kita.

Buat Lo yang pengen mulai merintis startup, Lo perlu tahu bro bahwa membangun startup itu butuh komitmen dan konsistensi yang tinggi dalam menjalaninya. Tanpa kedua hal tersebut startup Lo nggak akan kemana-mana malah hanya akan buang-buang waktu dan energy Lo aja. Untuk dapet pendanaan pun nggak segampang yang Lo bayangkan bro, banyak startup-startup yang belum mendapatkan pendanaan setelah sekian lama mereka menjalankan startup mereka. 

But anyway, nggak ada sesuatu yang nggak mungkin ketika Lo bekerja keras dan Lo terus berusaha. Kalo Lo yakin sama startup yang akan Lo rintis, ya Lo jalanin aja. Mulai sekarang juga walaupun Lo masih punya banyak keterbatasan. 

Apa sih serunya dan enaknya bikin startup ?

Merintis startup itu challange-nya banyak bro dan Lo nggak akan mengerjakan hal monoton yang itu-itu aja alias dinamis sehingga Lo nggak akan bosan sama kerjaan Lo. Selain itu, Lo bisa menerapkan idealisme Lo dalam membangun suatu perusahaan dan Lo bisa punya perusahaan yang emang Lo rintis dari nol. Bangga banget kan bro kalo misalnya usaha Lo itu berhasil? Nah, hal ini nggak bisa dinilai sama uang karena emang priceless. Terus, tentunya Lo akan senang karena Lo mengerjakan sesuatu yang emang passion Lo dan dengan passion Lo itu, Lo bisa membantu banyak orang dengan produk yang Lo ciptakan atau dengan membuka lowongan pekerjaan baru melalui startup yang Lo rintis.

Terus, emang gampang ya bikin startup ?

Bikinnya gampang, tapi jalaninnya yang nggak bisa dibilang gampang, bro. Pas awal-awal, kemungkinan besar Lo nggak akan punya penghasilan dari startup Lo bahkan mungkin Lo akan keluar banyak uang. Buat Lo yang fokus 100% jalanin startup Lo, berarti Lo harus punya tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan untuk operasional startup Lo. Kalo misalnya Lo jalaninnya sambil Lo kerja di tempat lain, maka waktu disini yang akan menjadi masalah utama yang mana Lo harus bisa ngerjain kerjaan di kantor Lo dan Lo juga harus punya waktu untuk ngerjain kerjaan startup Lo. 

Sekarang kita masuk ke masalah pendanaan, untuk hal pendanaan dapetinnya itu nggak semudah seperti yang kita bayangkan, bro. Lo harus siap ketika offering Lo ke investor nggak di tanggapi sama sekali dan itu kemungkinan besar pasti akan Lo alami. Lo harus sabar menghadapi penolakan demi penolakan setiap kali Lo mengajukan proposal kepada investor.

Belum lagi Lo harus manage tim Lo supaya semuanya benar-benar memiliki komitmen untuk konsisten dalam role mereka masing-masing. Nggak jarang, tim Lo akan mengalami kebosanan dengan keadaan yang tidak menentu dan akhirnya cabut sehingga tim Lo jadi nggak lengkap lagi. Selain itu, ego masing-masing founder kadang jadi masalah tersendiri yang berpotensi meruntuhkan kesolidan dalam tim yang Lo miliki.

Tips dan Saran

Pertama, buat Lo yang merasa punya ide yang bagus dan Lo pengen ngerintis usaha Lo sendiri dengan membangun startup, just do it bro jangan Lo tunda-tunda. Segera Lo bikin, cari tim, dan maksimalkan segala hal yang bisa Lo kerjakan. Kalo Lo masih kuliah atau kerja, jangan jadikan itu sebagai hambatan untuk membangun startup Lo, tapi Lo cari waktu dan sediakan waktu untuk mengerjakannya. Keterbatasan bukan alasan untuk Lo berhenti memperjuangkan keyakinan Lo. 

Kedua, perluas pergaulan Lo dengan para pegiat startup lainnya karena dari situ Lo bisa berkolaborasi untuk sama-sama tumbuh dan berkembang atau Lo bisa dapet bisnis disitu bahkan mungkin Lo bisa ketemu sama investor yang berminat untuk invest di startup Lo.

Ketiga, Lo harus cari mentor bro yang mana dia akan membimbing Lo dalam mengembangkan startup Lo. Bagaimanapun juga, Lo butuh insight-insight dari orang yang memang udah punya pengalaman dalam dunia bisnis atau usaha. Maka, carilah mentor yang memang punya pengalaman yang baik dan mau mengajarkan ilmunya sama Lo. 

Terakhir, jalani apa yang udah Lo yakini dengan konsisten bro. Yang namanya semangat itu kadang naik dan kadang turun. Jadi, Lo harus tetap bisa menjaga konsistensi pekerjaan Lo agar tetap dalam ritme yang sama, jangan sampe Lo berhenti dan akhirnya startup Lo jadi nggak gerak kemana-mana. 

Buat Lo yang punya mimpi untuk punya startup yang besar, good luck bro. Tetap samangat dan jangan pernah menyerah mengejar mimpi Lo. Ingat bro, nggak pernah ada mimpi yang terlalu besar. Semuanya mungkin ketika Lo mau berusaha dan bekerja keras.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini