gentlemancode.id
Syarat dan tahapan dalam pembuatan PT, buat Lo yang mau buka usaha harus tau nih!

SYARAT DAN TAHAPAN DALAM PEMBUATAN PT, BUAT LO YANG MAU BUKA USAHA HARUS TAU NIH!

Published on Monday, 05 March 2018

Buat Lo yang punya niat atau sudah terjun untuk membuka usaha atau bisnis, Lo tentu pengen usaha Lo itu legal atau berbadan hukum bener nggak? Kalo Lo belum punya badan hukum yang jelas, Lo nggak bisa bro ikut project -project yang nilainya besar karena perusahan-perusahaan yang memiliki project-project tersebut biasanya menginginkan perusahaan yang memang sudah legal dan jelas izinnya sehingga mereka lebih yakin ketika akan menjalin kerjasama. Nah, salah satu cara untuk melegalkan usaha Lo adalah dengan cara mendirikan perseroan terbatas atau PT, bro. Dengan badan hukum yang jelas Lo bisa lebih tenang dalam menjalankan bidang usaha Lo karena usaha Lo sudah terlindungi secara hukum, jadi Lo nggak usah khawatir akan ada tuntutan-tuntutan terkait usaha yang Lo jalankan.

Dibawah ini adalah beberapa persyaratan yang harus Lo penuhi dalam pendirian perseroan terbatas atau PT diantaranya adalah:

1. Fotokopi KTP pemegang saham dan pengurus PT
2. Fotokopi NPWP pemegang saham dan pengurus PT
3. Fotokopi kartu keluarga direktur
4. 2 lembar pas foto direktur ukuran 3 X 4
5. Fotokopi sertifikat BPJS Ketenagakerjaan
6. 3 kata untuk nama PT
7. Menentukan pendiri dan komposisi pemegang saham
8. Menentukan bidang usaha PT
9. Stempel PT
10. Bukti kepemilikan atau perjanjian sewa domisili usaha
11. Foto gedung dan ruang kantor
12. Surat keterangan domisili gedung atau surat RT/RW untuk domisili ruko

Nah, setelah Lo mengetahui persyaratannya, sekarang Lo perlu tahu gimana proses pendiriannya bro. Dibawah ini adalah beberapa tahap yang harus Lo lewati ketika Lo akan mendirikan sebuah PT, yaitu:

1. Pengajuan Nama PT

Proses ini bertujuan untuk melakukan pengecekan nama PT untuk mengetahui apakah nama PT yang Lo ajukan sudah digunakan atau belum. Pengajuan nama perusahaan ini didaftarkan oleh notaris melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (Sisminbakum) Kemenkumham. Adapun persyaratan yang dibutuhkan sebagai berikut:

- Melampirkan asli formulir dan pendirian surat kuasa
- Melampirkan fotokopi Kartu Identitas Penduduk (KTP) para pendirinya dan para pengurus perusahaan
- Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK) pimpinan/pendiri PT

2. Pembuatan Akta Pendirian PT

Pembuatan akta pendirian dilakukan oleh notaris yang berwenang diseluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan pesetujuan dari Menteri Kemenkumham. Biasanya akte ini berisi informasi tentang nama perusahaan, bergerak di bidang apa, nama para pemilik modal, modal dasar, modal disetor, pengurus perusahaan seperti siapa direktur utama, direktur, dan para komisaris

3. Pembuatan Surat Keterangan Domisili Perusahaan - SKDP

Surat ini bisa Lo dapatkan dari kantor kelurahan di mana perusahaan Lo berada. Berdasarkan surat ini, Camat mengeluarkan surat keterangan yang sama. Untuk mendapatkan surat keterangan domisili, Lo memerlukan salinan akte perusahaan Lo. Persyaratan lain yang dibutuhkan adalah: fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun terakhir, Perjanjian Sewa atau kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili bukan di gedung perkantoran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur, Izin Mendirikan Bangun (IMB) jika PT tidak berada di gedung perkantoran.

4. Permohonan Nomor Pokok Wajib Pajak - NPWP

Untuk mendapatkan NPWP, Lo memerlukan salinan akte perusahaan dan surat keterangan domisili. Permohonan pendaftaran NPWP diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan keberadaan domisili PT. Persyaratan lain yang dibutuhkan, adalah: NPWP pribadi Direktur PT, fotokopi KTP Direktur (atau fotokopi Paspor bagi WNA, khusus PT PMA), SKDP, dan akta pendirian PT.

5. Pengesahan Anggaran Dasar Perseroan oleh Menteri Kemenkumham

Permohonan ini diajukan kepada Menteri Kemenkumham untuk mendapatkan pengesahan Anggaran Dasar Perseroan (akta pendirian). 

6. Pengajuan Surat Izin Usaha Perdagangan - SIUP

SIUP ini berguna agar PT dapat menjalankan kegiatan usahanya. Permohonan pendaftaran SIUP diajukan kepada Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan/atau Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili PT.

7. Pengajuan Tanda Daftar Perusahaan - TDP

Permohonan pendaftaran diajukan kepada Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan/atau Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan kota atau kabupaten terkait sesuai dengan domisili perusahaan.

Nah itu dia bro persyaratan dan beberapa tahapan yang harus Lo lalui ketika akan mendirikan sebuah PT. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini