gentlemancode.id
Tips Agar Lo mau Olahraga dan Lo Nggak Bosen

TIPS AGAR LO MAU OLAHRAGA DAN LO NGGAK BOSEN

Published on Wednesday, 04 December 2019

Jujur ama Gw bro, Lo seminggu olahraga berapa kali?

Sekali? Dua kali? Tiga kali? Atau bahkan setiap hari?

Buat Lo yang udah rutin, good job! Keep it up, bro.

Buat yang belum, sekarang saatnya Lo harus mulai maksain olahraga. Kenapa?

Dilansir dari halodoc.com terdapat beberapa akibat serius kalo kita malas berolahraga, seperti:

  • Kematian mendadak
  • Depresi
  • Cepat tua
  • Gampang sakit
  • Berat badan yang tidak terkontrol

Gimana, masih males olahraga?

Buat Lo yang berat untuk melakukan olahraga tapi sebetulnya Lo pengen untuk olahraga, Gw punya saran nih buat Lo, yaitu:

1. Set Goal

Nah, ini menurut Gw paling penting nih karena ini akan menentukan gimana konsistensi Lo kedepannya.

Goal atau target harus Lo tentukan terlebih dahulu sebelum Lo akan mulai rutin olahraga. Apakah tujuan Lo itu adalah mendapatkan badan yang bagus, menurunkan berat badan, atau menghindari penyakit-penyakit tertentu.

Gw pribadi dulu memulai olahraga karena pengen badan Gw bagus dan berotot. Selain itu, Gw juga ingin menghindari penyakit diabetes karena di keluarga Gw ada riwayat diabetes. Dua goal inilah yang membuat Gw konsisten olaharga selama 3 sampe 4 kali olahraga selama minimal 30 menit dalam satu minggu. Tanpa ada goal yang Gw tentukan, mungkin Gw nggak bakalan mulai olahraga. Tapi, dengan adanya goal Gw jadi lebih fokus dan konsisten dalam menjalankan olahraga dan pola hidup sehat.

Jadi, buat Lo yang mau mulai rutin olahraga, tentukan goal Lo dulu apa ya!

2. Mulai Secara Bertahap

Biasanya kalo baru mulai itu semangat kita masih membara, bener nggak? Olahraga apa aja dijabanin, hehe.

Wajar sih, tapi Gw saranin Lo untuk lebih santai, bro.

Lakukan secara bertahap, jangan yang langsung berat. Inget, tubuh Lo butuh penyesuaian, jadi Lo jangan langsung membebani tubuh Lo dengan olahraga yang berat.

Kalo misalnya Lo olahraga angkat beban, maka Lo jangan langsung ngangkat beban yang berat, tapi angkatlah beban yang kira-kira Lo bisa handle. Kalo dirasa masih cetek, maka Lo bisa nambahin bebannya.

Kalo Lo rutin latihan, maka kemampuan Lo juga akan semakin bertambah, bro. Untuk itu, tambahkan beban atau jenis latihan yang berbeda pada setiap sesi latihan Lo.

Intinya, Lo harus bertahap dalam melakukan olahraga supaya Lo nya juga konsisten dan tentunya lebih aman buat tubuh Lo.

3. Sadari bahwa olahraga merupakan investasi

Investasi? Kok bisa?

Orang yang rajin dan rutin olahraga cenderung memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Which means mereka lebih sehat.

Gw yakin Lo semua udah pada tahu kalo biaya rumah sakit itu nggak murah. Nah, olahraga adalah investasi yang sangat baik untuk kesehatan Lo di masa yang akan datang supaya Lo bisa menjalani hari-hari Lo lebih baik dan berkualitas, bro. Dengan catatan, Lo juga harus mengikutinya dengan pola hidup sehat seperti tidak merokok dan tidak mengkonsumsi alokohol, istirahat cukup, dan memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari dengan baik.

4. Lakukan Variasi Gerakan

Salah satu kendala orang berhenti berolahraga selain males adalah bosen. Untuk itu, penting banget buat Lo untuk melakukan variasi latihan. Lo bisa variasiin gerakannya, metodenya, atau mungkin tempatnya.

Misal, kalo Lo biasa olahraga di dalam ruangan, maka cobalah untuk melakukannya di ruang terbuka. Atau misal Lo biasa melakukan olahraga di gym, cobalah untuk mencoba olahraga calisthenics.

Banyak lah yang bisa Lo lakuin kalo misalnya Lo mau.

5. Cari temen tapi jangan tergantung ama dia

Sebagai manusia, pasti kita juga ada bosennya, bener nggak?

Nah, itulah fungsi teman olahraga, bro. Kalo Lo latihan atau olahraga sendirian, pas Lo bosen mungkin Lo bakal skip latihan. Tapi, kalo ada teman, teman Lo ini pasti bakal ngajakin Lo buat latihan bro dan mau nggak mau Lo akhirnya mau latihan.

Tapi, jangan jadi ketergantungan juga. Kalo misalnya dia nggak latihan Lo jangan ikut nggak latihan juga. Lo tetap harus latihan meskipun teman Lo lagi nggak bisa.

Sibuk jangan jadi alasan buat Lo untuk nggak olahraga, bro. Sebiasa mungkin, paksakan diri Lo untuk bergerak untuk olahraga karena manfatnya banyak banget buat Lo. Kebiasaan Lo sekarang adalah cerminan gimana masa depan Lo nanti.

Gw rasa itu aja dari Gw, semoga artikel ini bermanfaat, sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Referensi:
[1] halodoc.com. (2018, 10 April). 5 Akibat Berbahaya Kalau Malas Olahraga. Diakses pada 4 Desember 2019, dari https://www.halodoc.com/5-akibat-berbahaya-kalau-malas-olahraga

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini