gentlemancode.id
Tips Untuk Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Mudik

TIPS UNTUK MENJAGA RUMAH TETAP AMAN SAAT MUDIK

Published on Monday, 27 June 2016

Tidak terasa hari raya Idul Fitri sebentar lagi akan tiba, hari raya yang ditunggu-tunggu oleh semua umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, hari raya Idul Fitri dikenal juga sebagai lebaran. Sudah menjadi tradisi di Indonesia setiap lebaran orang-orang akan mudik atau pulang kampung untuk merayakan lebaran di kampung halaman mereka masing-masing.

Ketika mudik, biasanya orang akan meninggalkan rumah mereka cukup lama. Bisa 3 sampai 7 hari bahkan lebih mereka tinggal di kampung halaman. Ini wajar, karena selain ingin bersilaturahmi dengan sanak saudara, mereka juga ingin sekalian berlibur menikmati masa cuti yang cukup panjang.

Agar rumah tetap aman ketika ditinggal mudik, Genta punya beberapa tips untuk Bro semua yang akan mudik. Mari kita simak berikut ini.

1. Cabut semua sambungan listrik

Bro semua pasti sering mendengar kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting Listrik. Untuk mencegah hal tersebut tidak ada salahnya kita mencabut semua sambungan atau colokan listrik yang tidak perlu. Toh kita juga tidak memakainya.

2. Buka selang atau regulator dari tabung gas

Selain karena korsleting Listrik, kebakaran juga bisa terjadi karena kebocoran gas. Lepaskan dengan benar regulator gas dan hindarkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan api. Perlu dicatat, Tabung jangan terkena langsung dengan sinar matahari atau alat-alat lain yang menghasilkan panas.

3. Lapor kepada pihak kemanan lingkungan

Sebelum Bro berangkat menuju kampung halaman tercinta, ada baiknya Bro melapor dulu kepada pihak kemanan. Hal ini penting, karena pihak kemanan akan menjadi tahu bahwa rumah Bro sedang kosong, sehingga pihak kemanan akan memberikan perhatian extra kepada rumah Bro.

4. Minta bantuan tetangga untuk memeriksa secara berkala

Mintalah bantuan kepada tetangga untuk memeriksa rumah secara berkala. Bila menemukan sesuatu yang tidak biasa, mintalah tetangga Bro untuk segera memberitahukannya kepada pihak kemanan.

5. Kosongkan semua tempat penampungan air

Bro semua pasti sudah tahu bahwa nyamuk demam berdarah sering berkembang biak dan bersarang di tempat penampungan air. Untuk mencegah hal tersebut ada baiknya Bro membuang atau membersihkan semua tempat penampungan air sehingga nyamuk tidak akan berkembang biak dan bersarang disana.

6. Amankan semua barang berharga

Simpanlah semua barang berharga di tempat yang sulit dijangkau atau memiliki kemanan extra dan kunci rapat-rapat ruangan tersebut.

7. Pastikan Semua Pintu, Jendela dan Pagar Tertutup Rapat dan Terkunci

Sebelum Bro berangkat, cek kembali semua jendela, pintu, dan pagar apakah sudah terkunci dengan benar? lakukan pengecekan ini dua atau tiga kali sampai Bro yakin semuanya sudah aman terkendali.

8. Jangan tunjukan bahwa rumah sedang kosong

Buatlah suasana rumah seperti seolah-olah ada penghuninya. Jangan matikan semua lampu, tapi sisakan beberapa lampu agar tetap menyala di beberapa ruangan seperti ruang utama, ruang depan rumah, dan halaman.

Jika ingin menyalakan lampu di malam hari, sebaiknya gunakan lampu LED dengan sensor cahaya yang menyala otomatis saat malam hari. Aturlah lampu agar menyala di malam hari dan mati di siang hari. Selain itu, letakkan beberapa sepatu di depan pintu rumah untuk menunjukkan seolah-olah ada orang didalam rumah.

9. Membayar seseorang untuk menjaga rumah selama ditinggalkan

Apabila 8 cara diatas belum bisa meyakinkan, Bro bisa membayar orang yang bisa dipercaya untuk menjaga rumah Bro selama mudik. Selain menjaga rumah, Bro juga bisa meminta orang tersebut untuk membersihkan rumah. Sehingga ketika Bro kembali, keadaan rumah akan tetap aman dan bersih.

Dengan mengikuti tips-tips diatas, semoga Bro semua bisa lebih tenang disaat mudik. Selamat mudik Brothers. Stay Safe.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini