gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Tips agar Semangat Bekerja ketika Puasa

#LOPASTIBISA - TIPS AGAR SEMANGAT BEKERJA KETIKA PUASA

Published on Thursday, 17 May 2018

Puasa jangan menjadi alasan untuk kita malas bekerja. Meskipun kita sedang menjalankan puasa, kita harus bisa mengerjakan semua pekerjaan kita dengan baik dan benar karena itu adalah tanggung jawab kita. Bekerja saat puasa sebenarnya nggak sulit, bro. Asal Lo tahu triknya, Lo pasti bisa bekerja dengan baik selama menjalankan ibadah puasa. Dibawah ini adalah beberapa tips agar Lo bisa bekerja dengan maksimal meskipun Lo sedang menjalankan ibadah puasa.

1. Jangan lewatkan makan sahur

Sama dengan sarapan pagi, sahur memiliki peranan penting untuk memberikan Lo energi sepanjang hari selama berpuasa. Konsumsi makanan yang bisa memberikan Lo energi seperti nasi, roti, atau gandum. Selain itu, sertakan juga makanan yang mengandung sumber protein sepeti telur atau daging untuk menambah suplai energi untuk tubuh. Jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang bisa Lo peroleh dari sayur dan buah-buahan dengan tujuan untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Menjaga dan mengatur asupan makanan  ketika sahur dan berbuka

Ketika puasa, waktu makan kita menjadi terbatas bro yaitu ketika sahur dan berbuka. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam memilih makanan apa saja yang baik untuk kita konsumsi pada waktu-waktu tersebut. 

Sebaiknya, jangan terlalu banyak makan ketika sahur karena itu akan menyebabkan rasa kantuk ketika bekerja. Mungkin Lo akan berfikir bahwa dengan makan banyak, maka tubuh akan mendapatkan banyak energi untuk menjalankan puasa, padahal kenyataannya tidak demikian bro karena makan banyak ketika sahur tidak bisa menjamin akan membuat Lo kuat seharian. Makanlah sucukupnya jangan sampai berlebihan. Makanlah dengan porsi yang pas dan disertai dengan beragam jenis makanan yang bisa memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga tubuh akan akan menjadi lebih bugar dan segar.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Bukan hanya makanan, kebutuhan cairan juga harus terpenuhi dengan baik selama menjalankan puasa. Minumlah air putih sebanyak 8-12 gelas setiap hari. Kebutuhan ini bisa Lo penuhi dari saat berbuka hingga saat sahur agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jika kebutuhan cairan terpenuhi dengan baik, maka konsentrasi Lo akan maksimal bro sehingga produktivitas kerja nggak akan menurun.

4. Keluar untuk mencari udara segar

Kalo pas hari biasa, mungkin Lo akan keluar untuk makan siang atau ngopi pada sore hari. Ketika puasa, sudah pasti Lo nggak bisa melakukannya lagi. Meskipun demikian, bukan berarti Lo jadi diam di ruangan terus bro, sesekali coba deh Lo meluangkan waktu untuk keluar ruangan dan menikmati udara di luar ruangan agar Lo bisa seger lagi.

5. Cukup Istirahat

Kurang tidur bisa mempengaruhi kerja otak sehingga akan menghambat aktivitas Lo ketika bekerja. Untuk itu, hindari tidur terlalu larut kalo misalnya nggak ada sesuatu yang penting untuk dikerjakan. Cukupi kebutuhan istirahat Lo agar keesokan harinya Lo bisa bekerja dengan baik tanpa rasa lemas atau lelah karena kurang tidur.

Puasa bukan halangan untuk kita bekerja. 5 tips tadi bisa Lo ikuti agar Lo tetap bisa semangat bekerja walaupun Lo sedang menjalankan ibadah puasa. Tetap segar saat puasa? #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini