gentlemancode.id
Tips untuk mencari kos-kosan yang hemat

TIPS UNTUK MENCARI KOS-KOSAN YANG HEMAT

Published on Sunday, 25 March 2018

Buat yang merantau jauh dari rumah untuk menuntut ilmu atau mencari uang, tentunya kos-kosan menjadi pilihan utama buat jadi tempat tinggal sementara. Apalagi buat Lo yang nggak punya saudara di kota atau negara tempat Lo merantau.

Memilih kos-kosan itu seperti memilih barang-barang tua, harus pintar-pintar dan teliti melihat nilai tempat tersebut. Percuma kan kalau gaji Lo yang belum terlalu besar harus habis cuma buat bayar kos-kosan dengan harga selangit?

Mari lupakan sedikit tentang kenyamanan, berikut ini adalah lima cara simple untuk memilih kos-kosan yang hemat versi Gentlemancode:

1. Cari yang Paling Dekat Kampus / Kantor

Kalau punya kos-kosan tapi harus ngeluarin duit lagi untuk transport ya sama aja bro. Fungsi dari kos-kosan salah satunya adalah memotong biaya transportasi kan? Nah, punya kos-kosan bisa membuat Lo lebih menghemat bro, selain itu punya kos-kosan yang dekat dengan kampus / kantor juga bisa membuat Lo olahraga setiap hari. Hemat, terus sehat, siapa yang nggak mau ya kan?

Terus gimana kalau di deket kampus atau kantor Lo nggak ada yang murah? Mau nggak mau memang harus cari lokasi yang agak jauh. Cari kos-kosan yang punya akses angkutan kota, bis, atau Transjakarta. Ketiga pilihan alat transportasi tersebut punya biaya yang relatif lebih murah dibandingkan harus menggunakan ojek online setiap hari. Atau pakai sepeda? Bike To Work, how's that sound?

2. Tentukan Fasilitas Apa Aja yang Lo Butuhkan

Kira-kira apa aja sih yang Lo perlukan di dalam kos-kosan tersebut? Biasanya sebuah kos-kosan menyediakan layanan internet, cuci baju, dan garasi kendaraan selain fasilitas di dalam masing-masing kamarnya.

Tentukan apakah Lo perlu menyewa kamar yang ber-AC atau tidak dan kamar dengan kamar mandi di dalam atau tidak. Dua hal tersebut biasanya membuat harga sebuah kamar kos-kosan menjadi lebih tinggi bro!

3. Cari Teman Untuk Tinggal di Kosan yang Sama

Tujuannya agar Lo nggak sendiri di situ. Kalau punya teman satu kampus atau kantor di kos-kosan yang sama, banyak hal yang bisa kalian hemat. Apalagi kalau temen Lo punya kendaraan pribadi, Lo berdua bisa patungan buat biaya bahan bakarnya. Seru kan?

Nggak cuma itu, Lo berdua bisa sharing makanan bro. Entah masak bareng, punya jadwal masak bergiliran atau pun bergantian membelikan makanan. Pokoknya berdua pasti lebih baik bro! Apalagi bertiga, berempat dan seterusnya. Hehe.

4. Sekamar Berdua!

Banyak juga kok kos-kosan yang ngasih harga khusus kalau Lo tinggal sekamar berdua. Lo bahkan bisa dapet fasilitas lebih baik dibanding kos-kosan lain dengan harga sama ataupun lebih murah, ya walaupun harus "merelakan" privacy ya karena tinggal berdua dalam satu kamar.

Di situ pun Lo bisa belajar untuk toleransi, saling berbagi dan pengertian. Banyak hal-hal baik yang datang dari keterbatasan yang dilalui berdua bro!

5. Pantau Terus promo ojek online

Salah satu cara yang lumayan butuh kesabaran dan faktor keberuntungan nih, bro! maraknya ojek online saat ini membuat mereka sering ngasih promo-promo ke para penggunanya, tentunya untuk memikat hati masyarakat agar tidak berpindah ke lain hati. Nah hal ini harus Lo pantau terus, pastinya menguntungkan kan kalau bisa naik ojek online dengan harga yang nggak berbeda jauh sama transportasi umum lainnya.

Hal ini bisa jadi alternatif menghemat ongkos, terutama buat Lo yang nggak punya kendaraan pribadi atau lagi malas berdesak-desakan di Transjakarta.

Nah bro, itu dia lima cara mencari kos-kosan hemat. Jangan sampai cuma karena biaya kos-kosan, Lo harus mengorbankan kebutuhan lain yang lebih penting seperti menabung atau membantu orang tua. Banyak cara menghemat ala anak kos dan Lo bisa baca beberapa contohnya di sini bro : Tips Hemat ala Anak Kos.

Khusus buat Lo yang masih mahasiswa, bagus banget lho kalau Lo bisa mencari uang sedikit-sedikit untuk membantu orang tua membayar kehidupan perkuliahan. Bisa berjualan atau bekerja paruh waktu di cafe-cafe. Nah kalo Lo hobi nulis, Lo join aja bro di Gentleman Community, disitu Lo bisa nulis artikel dan nanti akan kita kasi uang tunai sebesar 250.000 rupiah kalo artikel Lo lolos kurasi. Selengkapnya Lo bisa lihat di sini ya: Gentleman Community.

Kira-kira apa lagi ya bro yang bisa jadi cara menghemat biaya kos-kosan? Kasi tau kita lewat kolom komentar dong, bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini