gentlemancode.id
Bagaimana menjadi seorang yang benar-benar mendengarkan, bukan hanya mendengar

BAGAIMANA MENJADI SEORANG YANG BENAR-BENAR MENDENGARKAN, BUKAN HANYA MENDENGAR

Published on Friday, 24 February 2017

Kita mungkin bisa mendengar, tapi apakah kita benar-benar mendengarkan? Kemampuan mendengarkan dengan baik adalah salah satu keahlian penting yang harus kita miliki. Kenapa? Karena seseorang akan lebih menghargai kita apabila kita benar-benar mendengarkan mereka.

Dalam kehidupan kita yang super sibuk, kebanyakan dari kita mungkin akan lebih sering mengalami stress. Keadaan ini menyebabkan kita susah untuk memperhatikan apa yang orang lain ingin katakan, sehingga akan sangat susah untuk sekedar mendengarkan curhatan orang-orang disekitar kita seperti pasangan atau keluarga.

Kemampuan mendengarkan yang baik dapat membangun hubungan dan komunikasi yang kuat dengan orang-orang disekitar kita. Menjadi pendengar yang baik bukan berarti hanya menyediakan waktu beberapa menit untuk seseorang untuk berbicara atau bercerita, namun lebih dari itu, pendengar yang baik akan selalu bersedia menerima apapun yang ingin orang lain katakan dan menerima apapun perspektif mereka tanpa menghakimi.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjadi seorang pendengar yang baik:

1. Gunakan Bahasa tubuh yang baik

Lakukan kontak mata dengan lawan bicara, jangan gelisah, dan jangan melirik kepada orang lain di ruangan itu. Pernahkah kita menghabiskan waktu berbicara dengan seseorang yang terus menekan jari-jari mereka di atas meja atau memutar-mutar rambut mereka? Gak nyaman kan? Jangan lakukan gesture yang kira-kira akan mengalihkan perhatian lawan bicara kita.

2. Jauhkan handphone

Membuka email, membuka social media atau pesan setiap lima menit akan memberikan tanda kepada teman bicara Lo bahwa Lo tidak benar-benar mendengarkan, yang mana itu akan membuat mereka merasa seolah-olah kehadiran mereka hanyalah ketidaknyamanan buat Lo. Kita pasti pernah mengalami ketika sedang meeting atau dalam sebuah percakapan dengan seseorang yang nampak hanya serius dengan gadget mereka saja.  Lo pasti merasa mereka tidak menghormati Lo kan? Makanya, jauhkan handphone Lo ketika ada orang yang sedang berbicara sama Lo.

3. Gunakan gerakan tubuh (gesture) sebagai tanggapan, agar orang tersebut tetap berbicara

Banyak hal yang bisa Lo lakukan agar meyakinkan lawan bicara Lo bahwa Lo memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Lo bisa mengangguk atau menggerakan tangan agar mereka yakin dan memperoleh kepercayaan diri untuk melanjutkan pembicaraan. Dengan melakukan hal tersebut, mereka pasti akan merasa bahwa Lo memperhatikan mereka dan tidak mengabaikan apa yang mereka bicarakan.

4. Ulangi poin utama yang sudah mereka utarakan sebelumnya

Dengan melakukan ini, Lo akan meyakinkan mereka bahwa Lo benar-benar memperhatikan apa yang mereka bicarakan. Ulangilah poin utama, dan tambahkan lah pertanyaan.

Contoh : Jadi sekarang Lo lagi ada masalah ama bos Lo? Bener gitu Bro?

Dengan mengulang poin dan bertanya, maka itu akan menunjukan bahwa Lo mengerti dan memahami apa yang mereka sedang alami.

5. Jangan memotong pembicaraan

Penting untuk diingat nih Bro! Setiap orang berbicara pasti tidak akan suka apabila pembicaraan mereka dipotong. Apabila memang ingin mengajukan pertanyaan, sebaiknya tahan dulu sampai orang tersebut sudah berhenti berbicara, dengan begitu akan ada interaksi yang baik dalam pembicaraan yang sedang dilakukan.

6. Menahan diri untuk memberi nasihat

Jangan memberikan nasihat kecuali mereka memintanya, karena kadang-kadang mereka hanya butuh seseorang untuk mendengarkan. Titik, itu aja. Gak kurang dan gak lebih. Meluangkan waktu untuk mendengarkan adalah hal yang paling berharga untuk mereka ketika mereka membutuhkan teman untuk berbagi  cerita.

Nah Bro, ikuti tips ini dan Lo akan segera mendapatkan reputasi yang baik sebagai seseorang yang tahu bagaimana untuk mendengarkan dengan baik dan hormat kepada orang-orang di sekitar Lo.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini