gentlemancode.id
Untung Rugi Antara Membeli Rumah Jadi Atau Membangun Sendiri

UNTUNG RUGI ANTARA MEMBELI RUMAH JADI ATAU MEMBANGUN SENDIRI

Published on Wednesday, 24 August 2016

Kita pasti setuju jika mengatakan rumah adalah kebutuhan primer atau kebutuhan utama yang harus kita penuhi. Maka wajar sekali jika memiliki rumah adalah impian yang di idam-idamkan oleh semua orang, mengingat mendapatkan rumah saat ini cukup sulit dikarenakan harganya yang cukup mahal.

Selain harganya yang cukup mahal, kadang ada hal lain yang cukup membuat kita bingung ketika ingin mempunyai rumah. Hal itu adalah kita dibingungkan dengan pilihan antara membangun rumah sendiri atau membeli rumah jadi.

Nah, untuk Anda yang masih bingung antara membeli rumah jadi atau membangun sendiri, Genta memiliki beberapa analisis yang di kutip dari lamudi yang akan membandingkan untung rugi antara kedua pilihan ini.

1. Desain rumah sesuai dengan keinginan kita

Salah satu kelebihan dari membangun rumah kita sendiri adalah kita bisa menentukan bagaimana desain dan bentuk rumah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita dan pastinya sesuai dengan dana yang kita miliki.

Hal ini tentu tidak bisa kita dapatkan jika kita membeli rumah dari developer, dimana desain dan bentuknya sudah ditentukan oleh pengembang. Kita sebagai pembeli mau tidak mau hanya bisa menerima saja.

2. Jangka waktu pembangunan akan memakan waktu yang lama

Perlu diperhatikan bahwa membangun rumah akan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pengerjaannya. Setidaknya kita harus mengeluarkan waktu selama 14 bulan hingga rumah selesai dibangun dan sesuai dengan yang kita harapkan.

Sedangkan membeli rumah jadi tentu tidak akan memakan waktu yang lama karena rumahnya sudah tersedia.

3. Dana pembangunan terancam membengkak

Kita harus bijaksana dalam mengelola dana untuk pembangunan rumah kita. Karena jika tidak, bukan tidak mungkin ditengah-tengah pembanguna rumah, kita kehabisan dana untuk pembiayaan berbagai macam kebutuhan seperti material, dan tukang bangunan. Hal inilah yang membuat dana yang kita siapkan menjadi tidak pasti dikarenakan sewaktu-waktu bisa bertambah atau berkurang mengikuti kebutuhan.

Berbeda dengan membeli rumah jadi, dana yang harus kita keluarkan sudah pasti jumlahnya. Malah jika kita pintar untuk menawar maka kita akan mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Membeli rumah jadi lebih praktis

Cukup duduk manis didepan komputer atau smartphone, kita bisa dengan mudah mencari rumah yang kita inginkan. Kita tidak perlu dipusingkan dengan prosedur bagaimana cara membangun rumah sendiri, pemilihan material, desain, dan lain-lain.

Jika ingin membangun sendiri maka kita perlu tahu bagaimana prosedur untuk membangun suatu bangunan. Kita juga perlu tahu material-material yang bagus yang akan kita gunakan.

5. Biaya tambahan untuk renovasi

Salah satu kekurangan membeli rumah jadi adalah desain rumah yang tidak sesuai keinginan. Hal ini membuat kita selaku pemilik harus melakukan renovasi kepada rumah tersebut, sehingga kita memerlukan dana tambahan untuk melakukan renovasi tersebut.

Berbeda apabila kita membangun sendiri, renovasi sepertinya tidak perlu dilakukan. Pun jika dilakukan, mungkin hanya sedikit saja.

Gimana? mending bangun sendiri atau beli jadi? share di kolom komentar ya Bro.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini